Duwi Blog

Blog ini berisi informasi: *Artikel komputer, internet, pendidikan, humor dll *Jasa olah data SPSS (Skripsi, tesis dll) *Jasa buat Web/blog dengan domain .com dll) *Jasa pencarian e-book, artikel dll *Broker jual PC/Laptop/asesoris

Duwi Blog

Blog ini berisi informasi: *Artikel komputer, internet, pendidikan, humor dll *Jasa olah data SPSS (Skripsi, tesis dll) *Jasa buat Web/blog dengan domain .com dll) *Jasa pencarian e-book, artikel dll *Broker jual PC/Laptop/asesoris

Duwi Blog

Blog ini berisi informasi: *Artikel komputer, internet, pendidikan, humor dll *Jasa olah data SPSS (Skripsi, tesis dll) *Jasa buat Web/blog dengan domain .com dll) *Jasa pencarian e-book, artikel dll *Broker jual PC/Laptop/asesoris

Duwi Blog

Blog ini berisi informasi: *Artikel komputer, internet, pendidikan, humor dll *Jasa olah data SPSS (Skripsi, tesis dll) *Jasa buat Web/blog dengan domain .com dll) *Jasa pencarian e-book, artikel dll *Broker jual PC/Laptop/asesoris

Duwi Blog

Blog ini berisi informasi: *Artikel komputer, internet, pendidikan, humor dll *Jasa olah data SPSS (Skripsi, tesis dll) *Jasa buat Web/blog dengan domain .com dll) *Jasa pencarian e-book, artikel dll *Broker jual PC/Laptop/asesoris

Selasa, 03 Maret 2009

Setting Jaringan Warnet

A. Sinkronisasi PC
Langkah ini dilakukan setelah PC server terhubung ke internet (ISP)
Langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka Control Panel, lalu klik ikon System, kemudian akan terbuka kotak dialog System Properties sbb:
2. Klik tab Computer Name
3. Untuk memberi nama ulang komputer klik tab Change, selanjutnya ketikkan nama dan Workgroup. Untuk PC Server misalnya anda bisa memberi nama komputer yaitu PCServer, sedangkan untuk PC Client sebaiknya beri nama komputer sesuai dengan nomor urut PC Client, misalnya Client1, Client2, Client3 dsb. Untuk Workgroup harus dibuat sama untuk PC Server dan PC Client, misalnya nama Warnet Anda, sebagai contoh DUWINET.
4. Klik OK, selanjutnya tampil kotak dialog sbb:
5. Klik tanda X pada pojok halaman, hal ini untuk menunda restart. Selanjutnya akan kembali ke tampilan sebelumnya (System Properties). Selanjutnya mengganti Network ID yaitu klik tab Network ID. Kemudian akan tampil kotak dialog sbb:
6. Klik Next>, kemudian tampil kotak dialog sbb:
7. Klik Next>, kemudian akan tampil kotak dialog sbb:
8. Pada pilihan di atas, pilih yang bawah yaitu My company uses a network without a domain. Kemudian klik Next>. Pada kotak dialog berikutnya ketikkan nama Workgroup yang telah Anda buat sebelumnya, misalnya DUWINET. Gambar sbb:
9. Klik Next>. Kemudian akan tampil kotak dialog sbb:
10.Klik Finish, kemudian akan tampil kotak dialog sbb:
11.Klik OK kemudian komputer akan melakukan restart.


B. Internet Share
Tahap selanjutnya yaitu melakukan internet share, hal ini untuk memberikan ijin kepada PC Client untuk dapat koneksi ke internet. Langkah-langkah sbb:
1. Buka Control Panel, lalu klik ikon Network Connection,
Terlihat terdapat 2 koneksi yaitu Telkomnet Instant (terhubung ke modem) dan Lokal Area Network (atau yang terhubung ke Hub/Switch).
2 Klik kanan koneksi yang aktif pada Telkomnet Instant, kemudian pilih status.
3.Kemudian klik tab Properties >> Advance. Kemudian beri tanda centang pada Allow other network users ……
4. Kemudian akan muncul 2 jenis koneksi, yaitu koneksi yang ke modem dan koneksi yang ke Hub/Switch.

C. Network Setup Wizard
Tahap selanjutnya yaitu mengaktifkan ijin yang telah diberikan kepada PC Client. Langkah-langkah sbb:
1. Buka Control Panel, lalu klik ikon Network Setup Wizard,
2. Klik Next>,
3. Klik Next>,
4. Pada kotak dialog di atas, Untuk PC Server pilih yang paling atas yaitu This computer connects directly….
Sedangkan untuk PC Client, pilih yang tengah yaitu This computers connets to the internet through……..
5. Selanjutnya klik Next>,
6. Pada kotak dialog seperti contoh di atas, untuk PC Server pilihlah koneksi yang terhubung ke modem, untuk PC Client pilihan ini tidak ada. Kemudian klik Next>
7. Ketikkan nama pada Computer name, seperti nama yang telah Anda buat sebelumnya, untuk Computer description bisa dikosongkan, kemudian klik Next>.
8. Pada kotak dialog di atas ketikkan nama Workgroup seperti pada nama Workgroup sebelumnya. Kemudian klik Next>.
9. Pada kotak dialog di atas pilih pada pilihan yang atas yaitu Turn on file and printer sharing, kemudian klik Next>
10.Klik Next>
11.Tunggu beberapa waktu
12.Pada kotak dialog di atas pilih pada pilihan yang paling bawah, yaitu Just finish the wizard: I don’t…….. kemudian klik Next>
13.Klik Finish.
14.Klik Yes, selanjutnya komputer akan melakukan restart. Setelah restart lakukan setting untuk PC Client dengan langkah yang sama, dan yang berbeda sudah disebutkan di atas.
15.Setelah rentart, buka Windows Explorer, kemudian buka pada My Network Places >> Entire Network.

Tutorial Ms Power Point

1. Untuk memulai Ms Power Point klik pada icon di desktop atai icon di Startmenu. Selanjutnya akan terbuka program Ms Power Point seperti berikut:
2. Untuk memilih format Layout (slide layout) maka klik Format >> Slide Layout, seperti pada gambar berikut:
3. Pilih teks layout yang Anda inginkan, selanjutnya tuliskan pada tempat yang tersedia untuk menulis materi presentasi. Misalnya sebagai berikut:
4. Jika Anda ingin menggunakan format design yang telah disediakan Ms Power Point maka Klik Format >> Slide design. Gambar sebagai berikut:
5. Pilih slide design yang Anda inginkan. Misalnya sebagai berikut:
6. Jika ingin memberikan animasi pada presentasi, sebelumnya klik dulu pada tulisan presentasi yang ingin diberi animasi, kemudian klik Slide show >> Custom Animation, seperti pada gambar berikut:
7. Klik pada “Add Effect” untuk memilih efek presentasi yang ingin ditampilkan, seperti pada gambar berikut:
8. Atau untuk memberi animasi klik pada Slide show >> Animation Schemes, seperti pada gambar berikut:
9. Untuk menambah halaman slide baru, klik Insert >> New slide, seperti pada gambar berikut:
10. Langkah-langkah memilih slide layout, menulis teks, memilih slide design, dan animasi sama seperti langkah-langkah yang pertama. Misalnya sebagai berikut:
11. Untuk memulai presentasi (slide show) klik pada “Slade Show” atau tekan tombol “F5” pada keyboard, untuk mengakhiri klik tombol “Esc” pada keyboard. Slide show akan diurutkan mulai nomor 1, 2 dst. Jika Anda memiliki banyak slide misalnya 10 slide (lihat halaman sebelah kiri terdapat 10 slide), maka tampilan presentasi akan diurutkan dari slide 1 sampai 10. Gambar sebagai berikut:
Jika dari ke sepuluh slide ada yang tidak ingin ditampilkan maka klik kanan pada slide yang tidak ingin ditampilkan kemudian “Hide Slide”, seperti pada gambar berikut:
- Jika Anda ingin menampilkan presentasi secara tidak berurutan, misalnya dari slide 1 - slide 7 - slide 10 - slide 4, maka Anda lakukan dengan drag yaitu klik kiri pada slide 7 kemudian drag dan pindahkan ke slide 2 (untuk ini slide 7 menjadi slide 2 dan yang tadi slide 2 turun ke slide 3). Begitu juga dengan yang lainnya (slide 10 pindah ke slide 3 dan yang tadi slide 3 turun ke slide 4) dst.